Maju Bersama Teknologi: Mahasiswa Teknologi Pendidikan Unnes Sukseskan Program Lantip 5 di Akpol

Table of Contents

Sembilan mahasiswa UNNES sukses menuntaskan program UNNES Lantip 5 di Akpol. Mereka ciptakan buku panduan inovatif, Panduan Praktis Menyusun RPS Inovatif dengan Bantuan AI.
Sembilan mahasiswa UNNES sukses menuntaskan program UNNES Lantip 5 di Akpol. Mereka ciptakan buku panduan inovatif, Panduan Praktis Menyusun RPS Inovatif dengan Bantuan AI.
SEMARANG, BABAD.ID | Stori Loka Jawa - Sebanyak 9 (sembilan) mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP, Universitas Negeri Semarang (UNNES) berhasil menuntaskan program UNNES Lantip 5 Tahun 2025 di Akademi Kepolisian (Akpol). Program ini merupakan bagian dari kurikulum Unnes yang bertujuan memberikan pengalaman kerja langsung kepada mahasiswa di berbagai institusi pendidikan.

Sembilan mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini adalah Fauzan Ansori, Nabila Nur Rizqi Leksono, Riska Fitria, Naqli Ardhiansyah Kholifatullah, Damarjati Wicaksono, Nabila Anjani Puspamaya, Dinar Marsanda Syafa Salsabela, Cantika Ariani Kusumaningtyas, dan Ikbar Zainur Rasyid. Mereka terbagi ke dalam empat sub-bagian untuk memastikan kontribusi yang komprehensif selama pelaksanaan program.

Kontribusi Empat Sub-Bagian

Rendaldik (Perencanaan dan Pengendalian Pendidikan): Kelompok ini berfokus pada analisis kebutuhan dan perancangan kurikulum pendidikan. Para mahasiswa juga membantu penyusunan RPS oleh para dosen Akpol.

Mindik (Administrasi Pendidikan): Tim ini berperan penting dalam memastikan kelancaran semua proses administrasi yang menunjang kegiatan belajar-mengajar. Para mahasiswa juga membantu dalam menyusun bahan ajar dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di Akpol.

Korgadik (Koordinasi Pengajaran dan Pendidikan): Tim Korgadik berfungsi sebagai penghubung antara pengajar dan Taruna. Mereka memfasilitasi komunikasi dan memastikan semua kegiatan akademik berjalan efektif. Para mahasiswa juga membantu perancangan media pembelajaran dan dokumen-dokumen penilaian hasil belajar.

Jarlat (Pengajaran dan Latihan): Kelompok ini berfokus pada penjadwalan kegiatan belajar-mengajar taruna setiap minggunya sehingga seluruh proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

Ciptakan Buku Panduan Inovatif: Pemanfaatan AI untuk RPS

Sebagai salah satu hasil pencapaian utama sekaligus luaran tugas akhir, para mahasiswa ini menghasilkan produk inovatif berupa buku panduan berjudul PANDUAN PRAKTIS MENYUSUN RPS INOVATIF DENGAN BANTUAN KECERDASAN BUATAN (AI). Buku ini diharapkan mampu membantu para pengajar di Akpol dalam merancang Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang lebih modern dan efektif dengan memanfaatkan kecerdasan buatan.

Keberhasilan program Lantip 5 ini tidak hanya menunjukkan kompetensi mahasiswa Teknologi Pendidikan UNNES, tetapi juga menjadi bukti nyata sinergi positif antara institusi pendidikan tinggi dan institusi kepolisian dalam memajukan pembelajaran di Akpol.***

babad.id | Stori Loka Jawa
babad.id | Stori Loka Jawa babad.id | Stori Loka Jawa merupakan media online berbasis multimedia dengan konten utama seputar seni, budaya dan sejarah Jawa. Babad.id juga membuka ruang opini kepada penulis lepas.

Posting Komentar

📣 Ikuti Tantangan Bulanan "Cerita dari KKN"! 📣

Bagikan pengalaman KKN-mu yang paling berkesan dan menangkan hadiah menarik setiap bulannya! Ini kesempatanmu untuk berbagi cerita inspiratif dan mendapatkan apresiasi.