Kisah Inspiratif SWR, UMKM Produsen Wewangian Binaan BRI yang Harumkan Indonesia di Kancah Internasional

Table of Contents

  JAKARTA, BABAD.ID | Stori Loka Jawa - Kehadiran SWR, produsen pengharum ruangan asal Jakata, yang berhasil masuk dalam kategori Healthcare & Wellness, menjadi bukti nyata bagaimana BRI mendorong pengusaha UMKM untuk terus berinovasi dan memperluas pasar.

Sebagai informasi, SWR adalah salah satu dari 1000 UMKM Binaan BRI yang mengikuti BRI UMKM EXPO-RT 2025 di Jakarta.

Pemilik SWR Deddy Suwardi menceritakan awal mula usahanya yang terinspirasi dari bisnis cuci mobil hingga akhirnya mengembangkan produk wewangian yang kini menjadi andalan SWR.

"Saya mengerjakan sendiri seluruh proses produksi, mulai dari mencari bahan baku hingga melakukan uji coba. Produk reed diffuser ini memang membutuhkan waktu dalam proses pengembangannya," tuturnya.

Dari sisi omzet, secara bulanan SWR mampu meraih pendapatan bersih hingga belasan juta rupiah.

Lebih jauh, ia menegaskan bahwa pameran ini menjadi momentum strategis untuk memperluas pasar sekaligus mendorong rencana ekspansi bisnisnya ke tingkat global. 

“Rencana ekspor pada 2026, target saya produk ini dapat masuk ke seluruh store dan dipasarkan melalui pameran seperti BRI UMKM EXPO(RT), karena strategi pemasaran saya memang melalui pameran. Selain itu, selama pameran, eksposur di media online juga ikut meningkat,” ungkapnya.

Direktur Commercial, Small, and Medium Business BRI Amam Sukriyanto menegaskan komitmen BRI dalam memperkuat peran UMKM agar mampu bersaing di tingkat global.

“BRI secara konsisten menghadirkan program-program strategis untuk mendorong UMKM Indonesia naik kelas, termasuk membuka akses pasar dan peluang ekspor. Melalui BRI UMKM EXPO(RT) 2025, BRI memberikan ruang bagi UMKM unggulan untuk memperluas jaringan bisnis dan memperkenalkan produknya ke pasar internasional. Kehadiran SWR sebagai salah satu UMKM binaan yang mulai merancang ekspansi ekspor menjadi contoh nyata bagaimana program pemberdayaan BRI mendorong UMKM semakin berdaya saing dan siap memasuki pasar global,” tegasnya.

Sebagai bagian upaya berkelanjutan dalam mendorong UMKM naik kelas, BRI sukses menyelenggarakan BRI UMKM EXPO(RT) 2025 yang berlangsung pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025 di ICE BSD City.

Acara ini menarik antusiasme tinggi dengan kehadiran lebih dari 69 ribu pengunjung, mencatatkan transaksi senilai lebih dari Rp40 miliar, serta menghasilkan kontrak ekspor sebesar USD 90,6 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.

Inisiatif ini mempertegas peran BRI dalam membuka peluang lebih luas bagi UMKM untuk menembus pasar internasional.*** (Adv)

babad.id | Stori Loka Jawa
babad.id | Stori Loka Jawa babad.id | Stori Loka Jawa merupakan media online berbasis multimedia dengan konten utama seputar seni, budaya dan sejarah Jawa. Babad.id juga membuka ruang opini kepada penulis lepas.

Posting Komentar

📣 Ikuti Tantangan Bulanan "Cerita dari KKN"! 📣

Bagikan pengalaman KKN-mu yang paling berkesan dan menangkan hadiah menarik setiap bulannya! Ini kesempatanmu untuk berbagi cerita inspiratif dan mendapatkan apresiasi.